Silahkan login/daftar untuk bisa melakukan posting thread atau komentar di forum

Selamat Datang di Sejarawan.com

Indonesian forums and Libraries

Jadilah bagian dari kami, temukan dan diskusikan sejarah besar Bangsa Indonesia di sini

Member Login

Not a member yet? Sign Up!

Results 1 to 6 of 6
  1. #1

    Organisasi Pergerakan Nasional Perhimpunan Indonesia (PI)

    Bukan hanya dari dalam negeri seperti yang dilakukan Budi Utomo, gerakan para pelajar Indoesia yang ada di luar negeri tak kalah pentingnya dalam memotivasi gerakan politik dan p[emuda yang ada di tanah air. Pada tahun 1908, para pemuda pelajara yang ada di negeri Belanda membentuk sebuah organisasi sosial untuk melindungi dan mesejashterakan bangsa Indonesia yang ada di Belanda pada saat itu dengan membentuk Indische Vereeniging. Organisasi Indische Vereeniging ini semakin berkembang seiring dengan datatngnya Suwardi Suryaningrat dan kawan-kawan ke Belanda. Seakan mendapatkan momen berharga perkumpulan ini mendapatkan motivasi lebih untuk meningkatkan perjuangan ketika terjadinya perang dunia I. Terlebih ketika Woodrow Wilson, Presiden Amerika Serikat pada saat itu menggemakan semboyan the right of selfdetermination atau yang berarti menentukan nasib sendiri.
    Akhirnya untuk mencapai tujuannya pada tahun 1922 indische vereeniging berubah nama menjadi Indonesiche Vereeniging (perhimpunan Indonesia). Dan 2 tahun berikutnya atau pada tahun 1924 Perhimpunana Indonesia dengan tegasnya menyatakan keinginannya untuk mewujudkan Indonesia Merdeka. Dengan lebih memilih cara nasionalis dan percaya pada kekuatanh bangsa sendiri untuk merdeka.

    Untuk mempermudah penyaluran aspirasi dari tujuan dibentuknya organisasi, Perhimpunan Indonesia membuat sebuah majalah yang bernama Hindia Putra dan kemudia berubah menjadi Indoneswia Merdeka. Anggota dari perhimpunan ini sendiri memiliki watak yang berbeda-beda, ada yang memiliki sifat radikal revolusioner dan ada yang moderat. namun perbedaan itu tak merubah semangat mereka untuk mewujudkan Indonesia Merdeka.

    Meskipun berada di negeri orang lain bahkan negeri yang menjajah bangsanya sendiri mereka tidak gentar dalam menunjukkan tujuan organisasi. Mereka melakukan propaganda secara aktif di negeri Belanda. Mereka menjalin hubungan langsung dengan badan-badan internasional yang bisa memberikan keuntungan terhadap perjuangan bangsa Indonesia. Salah satunya adalah hubungan dengan Association l'Etude des Civilisation Orientals (didirikan di paris pada tahun 1925).

    Setelah berhasil menyelesaikan studinya di belanda mereka kembali ke Indonesia pada tahun 1927. Mereka kemudian bergabung dengan para pejuang Indonesia untuk mendirikan partai nasional Indonesia (PNI).

    Selama menyelesaikan studinya atau kira-kira sejak tahun 1926 hingga tahun 1927 Perhimpunan Indonesia juga turut hadir dalam beberapa kongres internasional seperti:
    Kongres Demokrat Internasional di Bierville (1926), pada saat itu perhimpunan Indonesia diwakili oleh Drs. Moh. Hatta
    Kongres Liga Melawan Imperialisme dan Penindasan di Brussel (1927) juga diwakili oleh Drs. Moh. Hatta.

    Dalam kongres yang dihadiri Perhimpunan Indonesia sukses menarik perhatian dan mendapatkan simpati liga dengan resolusinya mendukung gerakan kemerdekaan Indonesia. Namun karena semakin gesit dan gencarnya gerakan Perhimpunan Indonesia pemerintah kolonial belanda mulai curiga pada Perhimpunan Indonesia. Untuk melumpuhkan Perhimpunan Indonesia pemerintah Belanda menuduh Perhimpunan Indonesia ada kaitannya dengan Partai Komunis indonesia yang pada saat itu juga melakukan pemberontakan di tanah air. Akibatnya para pemimpin Perhimpunana Indonesia Drs. moh. Hatta, Ali Satromidjodo, Abdul Madjid Djojodiningrat, Nasir datuk Pamuntjak ditangkap ditangkap. Namun setelah dihadapkan dimuka pengadilan Drs. moh. hatta melakukan pembelaan cemerlang dengan pidatonya yang berjudul "Indonesia Merdeka". Selain itu merke mendapatkan pembelaan dari Mr. Dyus seorang anggota partai buruh jika mereka tidak terkait apa-apa dengan pemberontakan yang dilakukan PKI. Akhirnya pada tahun 1928 mereka dibebaskan karena tidak terbukti bersalah.

    Peristiwa penangkapan ini menimbulkan reaksi simpati dari Partai nasional Indonesia yang kemudian memberikan dukungan kepada emuda pelajar yang pada saat itu sedang menmpuh pendidikan di Belanda. Kemudian untuk menghormati perjuangan Perhimpunana Indonesia PPPKI menempatkan perhimpunan Indonesia sebagai pos terdepan dalam perjuangan mewujudkan Indonesia merdeka berdasarkan anjuran PNI.
    Sejarawan muda - www.siputro.com
    Belom ada yang memiliki

  2. #2
    Kebayang kalo hidup di jaman itu pasti ngeri banget ya
    Membuang sejarah itu bagaikan membuang hasil-hasil penelitian berharga yang telah diteliti dimasa lalu, dan mencoba meneliti dari awal tanpa refrensi masa lalu
    www.sejarawan.com

  3. #3
    Quote Originally Posted by Herodotus View Post
    Kebayang kalo hidup di jaman itu pasti ngeri banget ya
    kalo sekarang mahasiswa mah gak ada yang berani kalik ya kalau dihadapkan dengan kondisi seperti ini
    mahasiswa sekarang lebih baik jadi bintang FTV atau sinetron remaja atau jadi boy band
    Sejarawan muda - www.siputro.com
    Belom ada yang memiliki

  4. #4
    Quote Originally Posted by siPutro View Post
    kalo sekarang mahasiswa mah gak ada yang berani kalik ya kalau dihadapkan dengan kondisi seperti ini
    mahasiswa sekarang lebih baik jadi bintang FTV atau sinetron remaja atau jadi boy band
    Kalo semuanya gak juga sih
    tapi emang zaman dulu berat banget perjuangannya
    udah dituntut untuk cari ilmu, harus mikirin nasib rakyat di negaranya sana pulak

  5. #5
    semangat aja buat semua sobat sejarawan.com
    karena forum ini juga termasuk salah satu cara untuk mengobarkan kembali semangat perjuangan bangsa Indonesia
    mandiri itu pilihan, cantik itu kebutuhan

  6. #6
    Quote Originally Posted by si_zizah View Post
    semangat aja buat semua sobat sejarawan.com
    karena forum ini juga termasuk salah satu cara untuk mengobarkan kembali semangat perjuangan bangsa Indonesia
    cie orangnya secantik pikirannya ni ^_^

Similar Threads

  1. Sejarah Berdirinya Partai Nasional Indonesia
    By Rikizy in forum Kolonialisasi
    Replies: 2
    Last Post: 06-23-2016, 02:59 PM
  2. Strategi pergerakan Bangsa Indonesia Budi Utomo
    By Herodotus in forum Kolonialisasi
    Replies: 0
    Last Post: 05-20-2014, 05:26 AM
  3. Replies: 0
    Last Post: 05-17-2014, 11:13 AM
  4. Replies: 0
    Last Post: 05-17-2014, 11:08 AM
  5. Profil Pahlawan Pergerakan Nasional (Budi Utomo Dkk)
    By si_zizah in forum Kolonialisasi
    Replies: 1
    Last Post: 05-06-2014, 04:33 PM

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •